Author : Geovani Arta Sihite, Tahun : 2019
Abstrak : Tempat pendaftaran rawat jalan merupakan tempat pertama kali pasien bertemu dengan petugas, idealnya rata-rata waktu tunggu pelayanan rekam adalah 10 menit.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap waktu tunggu penyediaan berkas rekam medis di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan.MetodologiPenelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif dengan pendekatan kuantitatif.Alat yang digunakan yaitu kuesioner dan skala likert.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan.Besar sampel adalah 30 pasien dan berkas rekam medis.Analis data menggunakan analisa univariat.Teknik sampling menggunakan Accidental Sampling.Penelitian ini dilakukan di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Dari penelitian ini diperoleh hasil waktu yang diperlukan petugas untuk menyediakan berkas rekam medis yaitu 11 berkas rekam medis ( 36,7%) tepat dan 19 berkas rekam medis ( 63,3%) tidak tepat. Tingkat kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan 5 dimensi yaitu dimensi Responsiveness mengatakan puas sebanyak 12 pasien (40%), dimensi Reability menyatakan tidak puas sebanyak 19 pasien (63,3%), dimensi Assurance menyatakan puas sebanyak 15 pasien (50%), dimensi Emphaty menyatakan sebanyak 14 pasien (46,7%), dan dimensi Tangible menyatakan cukup puas sebanyak 17 pasien (56,7%). Kesimpulan,Tingkat kepuasan pasien sebagian besar menyatakan cukup puas. Saran,Perlu meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan dari dimensi Reability melalui upaya budaya kerja, seperti pembentukan kelompok kerja yang kompak karena sudah mendapat pelatihan sessuai perkembangan teknologi dan ekspektasi masyarakat, supaya petugas pelayanan kesehatan cepat tanggap, tepat waktu dan akurat dalam melayani pasien.
Link URL : #Bahasa : Indonesia
Kata Kunci : KTI - D3 Rekam Medis, UIM
File | Deskripsi | Format | |
---|---|---|---|
COVER.pdf | Cover | ||
ABSTRAK.pdf | Abstrak | ||
BAB I.pdf | Bab I | ||
BAB II.pdf | Bab II | ||
BAB III.pdf | Bab III | ||
BAB IV.pdf | Bab IV | ||
BAB V.pdf | Bab V | ||
APPENDIX.pdf | Appendix |