Hubungan Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan

Author : Imelda Liana Ritonga, Muhammad David, Tahun : 2020


Abstrak : Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik. Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat sebagai mana yang dilakukan Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan, perlu mendapatkan perhatian, khususnya dalam kualitas pelayanan agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Penelitian ini memfokuskan pada mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Ruang Sakura Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap sakura Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji statistik korelasi Roh Spearman. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat di Instalasi Rawat Inap ruang sakura RSU IPI Medan yaitu 31 pasien yang dirawat inap. Adapun jumlah sampel 31 responden dengan cara pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa mutu pelayanan keperawatan di Intalasi rawat Inap RSU IPI kategori Baik adalah 20 responden (64,5%), kategori cukup 6 responden (19,4%) dan kategori kurang sebanyak 5 orang (16,1%). Kesimpulanya adalah Ada hubungan (r=0,615) antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien, dimana semakin tinggi mutu pelayanan keperawatan maka semakin tinggi pula kepuasan pasien.
Link SINTA : https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=6628

Link URL : https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/439
URI : http://repository.uimedan.ac.id/handle/6374542057

Bahasa : Indonesia
Kata Kunci : Kata kunci: Mutu Pelayanan Keperawatan & Kepuasan Pasien.


File Deskripsi Format
5.Artikel Jurnal Keperawatan Vol 6 No 2 2020.pdf Artikel pdf
6. LOA Ibu Imelda Jurnal Keperawatan Vol 6 No 2 2020.pdf LOA, Cek Similarity, Peer Review pdf