Author : Imelda Liana Ritonga, Tahun : 2015
Abstrak : Penelitian-penelitian telah menemukan bahwa proses belajar di perguruan tinggi keperawatan menimbulkan stres, namun belum didapati studi yang telah dilakukan di Indonesia. Stres menyebabkan mahasiswa merasa tidak berdaya terhadap peraturan-peraturan yang ditetapkan, pasrah terhadap kondisi otoriter dan tidak berani menyuarakan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan stressor dan dampaknya pada proses belajar mahasiswa. Metode. Penelitian ini menggunakan case study dengan teori cognitive appraisal dari Lazarus dan Folkman (1984). Data dikumpulkan dengan teknik in- depth interview dengan mahasiswa. Hasil. Didapat 5 (lima) tema sebagai hasil dari penelitian ini, yakni (1). tinggal di asrama, (2). belajar di kelas, (3). belajar di klinik, (4). nilai-nilai personal dan sosial yang dipercaya, (5). efek jangka pendek dan panjang. Diskusi. Hasil yang didapat dari penelitian ini membuktikan adanya stres yang dialami oleh mahasiswa dan dampak dari stres tersebut pada hasil pembelajarannya. Sebagian masalah yang teridentifi kasi merupakan hal yang spesifi k untuk proses pembelajaran di perguruan tinggi keperawatan di Indonesia. https://injec.aipni-ainec.org/index.php/INJEC/article/view/26
Link URL : https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=1346Bahasa : Indonesia
Kata Kunci : Stres Psikologi, Stressor, Cognitive Appraisal, Koping.
File | Deskripsi | Format | |
---|---|---|---|
Artikel.pdf | Artikel | ||
History Submission Artikel.pdf | History Submission Artikel | ||
Peer Review Artikel.pdf | Peer Review/Form Penilaian |